Profil Sanggar

Sanggar Seni Olah Pernapasan dan Terapi Tenaga Murni BAYU-SEPI adalah salah satu dari sekian banyak jenis olah raga tradisional yang berada di Indonesia  yang bergerak dalam bidang olah fisik dan pernapasan  yang diilhami dari seni budaya asli bangsa pribumi.

BAYU-SEPI mempunyai Motto “

REKA PRANA SANGKAN WALUYA” Yang berarti :

REKA             : Mengolah

PRANA          : Pernapasan        

SANGKAN    : Supaya/Agar

WALUYA       : Sehat

Dan apabila  digabungkan mempunyai arti “ Mengolah Pernafasan untuk memunculkan Tenaga Murni  yang ada pada diri kita agar menjadi sehat baik jasmani maupun rohani.

Sanggar Seni Olah Pernapasan dan Terapi Tenaga Murni BAYU-SEPI terbentuk atas dasar itikad baik dan mempunyai suatu tujuan diantaranya :

Memberikan bimbingan moral dan budi pekerti serta memperkuat kepribadian seseorang sehingga tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Membantu menggali dan memupuk potensi atau kemampuan yang ada pada diri seseorang agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Membantu masyarakat yang membutuhkan dalam mengatasi permasalahan baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

Metode pelatihan yang dilaksanakan di Sanggar BAYU-SEPI adalah metode pembangkitan energi yang terdapat di dalam diri kita, dimana  energi  tersebut diharapkan lebih bisa bermanfaat untuk kepentingan kita, kelaurga dan masyarakat umum.

Pembangkitan energi tersebut dilakukan murni dendan cara olah raga fisik dan latihan pernapasan tanpa ada bacaan dan mantera-matera ataupun melakukan puasa.

Metode pelatihan  di  Sanggar  BAYU-SEPI  terdiri dari 3 ( tiga ) tahapan pelatihan  latihan yaitu :

  1. Tahapan Tingkat Dasar
  2. Tahapan Tingkat Terampil
  3. Tahapan Tingkat Mahir

TINGKAT DASAR

  1. Tingkat Dasat  I

Tingat dasar ini terdiri  dari 10 (sepuluh) gerakan yang harus dipelajari oleh setiap anggota sanggar,  dan kesepuluh gerakan  tersebut akan disertai dengan kelengkapan yang telah dipersiapkan.

  1. Tingkat Dasar  II

Pada tingat dasar ini hanya merupakan pengulangan dari tingkat dasar I, dengan suatu posisi yang lebih berat dan disebut dengan jurus Pondasi atau Beton

Yang dipelajari pada tingkat dasar ini tidak hanya hapal gerakan saja, tetapi gerakan itu harus disertai dengan kelengkapannya hal ini sangat diperlukan kosentrasi penuh sehingga dapat menyatukan antara gerakan dengan kelengkapannya sehingga gerakan menjadi berisi.

Pada pelatihan tingkat dasar ini anggota sanggar selalu dibimbing dan diarahkan oleh seorang pelatih  dan selalu dikontrol kekurangan-kekurangannya baik itu gerakan ataupun  kelengkapannya.

Hal ini dilakukan karena gerakan  dasar adalah merupakan awal pembangkitan energi  yang tentunya akan mempengaruhi  ke tingkat berikutnya. Ibaratnya kita akan membangun sebuah rumah dimana kekuatan bangunan tersebut tertumpu kepada pondasi awal yang kita buat, apakah pondasi tersebut kokoh atau tidak..

Selain gerakan maupun kelengkapannya seorang anggota sanggar juga diarahkan  untuk bisa mengenali dirinya sendiri baik itu tingkat kesetabilan emosi ataupun keadaan lain yang mempengaruhinya.

Untuk kenaikan gerakan dari tingkat yang rendah kepada tingkat yang lebih tinggi tingkatannya tergantung dari kemampuan dan kecerdasan seorang anggota sanggar itu sendiri, apabila dia mempunyai  kemampuan dan kecerdasan yang cukup maka akan lebih cepat dapat menyelesaikan dan begitu juga sebaliknya.

Apabila seorang anggota sanggar telah menguasai tingkat dasar ini dengan baik, seorang anggota sanggar Insya Allah sudah mempunyai suatu kemampuan yang bisa mereka manfaatkan baik untuk dirinya, keluarga ataupun orang yang membutuhkannya misalnya dalam pengobatan penyakit fisik dengan cara terapi menggunakan energi murni.

TINGKAT TERAMPIL

Pada tingkat terampil ini adalah merupakan suatu ringkasan atau gabungan dari ke 10 (sepuluh) gerakan menjadi  5 (lima) gerakan yang disebut jurus kombinasi  atau perkawinan.

Seorang anggota sanggar akan mempelajari tingkat terampil ini apabila  telah  menguasai   dengan  baik  semua  gerakan dasar dan kelengkapannya serta sudah dipandang mampu dan cukup untuk ditingkatkan, hal tersebut tentunya melalui penilaian baik oleh pelatih,  ataupun anggota sanggar lainnya yang telah ditunjuk serta telah  mempunyai kemampuan  mengenai hal tersebut.

Pada pelatihan ini  lebih dititik beratkan kepada kosentrasi dan pengaturan nafas  yang disertai dengan gerakan gabungan yang dilakukan dengan lebih lembut  dan tidak lagi menggunakan tenaga yang besar.

Dalam melatih tingkat ini seorang anggota sanggar  dituntut untuk lebih tenang  dan lebih stabil emosinya  sehingga bisa  merasakan  kelembutan  dan keindahan  gerakan yang dilakukannya, ibaratkan seorang pelukis  hasil karyanya adalah merupakan suatu tumpahan perasaan yang mereka tuangkan. ke kertas atau kanfas.

Apabila seorang anggota sanggar telah menguasa tingkat ini dengan baik, seorang anggota sanggar Insya Allah akan mempunyai kemampuan yang lebih dari tingkat dasar  dan lebih peka  terhadap lingkungan baik  yang nyata mapun yang tidak nyata.

TINGKAT MAHIR

Seorang anggota sanggar akan mempelajari tingkat mahir ini apabila telah    menguasai     dengan    baik     tingkat    terampil  serta  telah  memenuhi kriteria  penilaian yang sangat  khusus  oleh seorang guru.

Pada tingkat mahir ini  pelatihan dititik beratkan kepada pernafasan murni  tanpa disertai dengan gerakan fisik apapun. Jadi pada tingkat ini  pelatihan dititik beratkan kepada konsentrasi dan olah pernafasan.

Tingkat mahir adalah tahapan terakhir  yang dipelajari di sanggar BAYU-SEPI, dan apabila seorang anggota sanggar telah mencapai tingkat mahir ini dengan baik  atas kehendak-Nya akan mempunyai suatu kemampuan.

Apabila  seorang anggota sanggar disiplin dalam melakukan pelatihan tentunya akan mendapatkan manfaat dari apa yang dilatihnya diantaranya :

Manfaat fisik

  • Dengan kita melatih gerakan atau jurus secara tidak langsung kita melakukan olah raga.
  • Terjadinya keseimbangan kerja semua system tubuh dan system syaraf otonomi.
  • Akan memaksimalkan fungsi organ-organ tubuh dan meminimalkan tenaga yang diperlukan
  • Akan mengaktifkan/menormalkan fungsi  organ-organ tubuh yang sudah tidak aktif.

   Manfaat non fisik

  • Kemampuan memahami dirinya dan orang lain  ( akan menyadari kemampuan dan keadaan dirinya, mampu mengatur dan mengendalikan diri serta bersikap jujur dengan dirinya).
  • Kemampuan beradaptasi ( akan cepat beradaptasi dan cepat mengatasi perubahan serta mengambil keputusan yang diperlukan).
  • Kemampuan mengendalikan emosi ( tidak mudah terpancing  oleh situasi yang datang dari luar maupun dari dirinya sendiri)
  • Bisa bersikap simpati atau empati ( kemempuan ini menjadikan orang lain akan menghargai keberadaannya, dan menghargai loyalitasnya kepada orang lain).
  • Semangat juang untuk selalu bangkit (akan selalu berpikir bahwa apa yang terjadi merupakan suatu pelajaran berharga buat dirinya sehingga terjadi pendewasaan diri).
  • Akan memunculkan kecerdasan emosional yang kita miliki yang bisa terus kita kembangkan tergantung dengan pengalaman yang kita peroleh.

Kemampuan apapun yang kita miliki hendaknya janganlah  mengganggap itu adalah kemampuan kita, semua adalah kepunyaan Allah, kita sebagai mahluk yang lemah dan tidak  berdaya  tidak berhak untuk merasa memiliki apalagi mengakui ..!!!!

MEDITASI

Selain dari 3 ( tiga) tahapan metode pelatihan tersebut di atas seorang anggota sanggar juga mendapatkan pelatihan “ MEDITASI”

Meditasi dilakukan setelah melakukan kegiatan pelatihan baik di tingkat dasar, tingkat trampil maupun di tingkat mahir yang  bertujuan untuk  :

  1. Menjaga kesetabilan organ-organ tubuh baik itu setelah melakukan pelatihan maupun setelah kita melakukan aktifitas keseharian;
  2. Membantu untuk melakukan penyembuhan pada diri sendiri baik yang bersifat fisik maupun non fisik ( kesetabilan emosional );
  3. Meningkatkan daya kemampuan spiritual.

Meditasi juga dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan masing-masing personal.

One Response to Profil Sanggar

  1. i found this article very interesting and informative. it will definitely add to our knowledge. lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails lista de emails

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *