Category Archives: Cerpen

TAKTIK

februari 2017DALAM MENJALANI HIDUP SEHARI-HARI BERMASYARAKAT ADA TIGA HAL YANG HARUS DI KENDALIKAN  YAITU KESELARASAN ANTARA PIKIRAN, PERKATAAN DAN PERBUATAN.

MATA TERINDAH ADALAH MATA YANG SELALU MELIHAT KEBAIKAN ORANG LAIN, MULUT TERINDAH ADALAH MULUT YANG SELALU BELAJAR BERKATA-KATA DENGAN BAIK DAN HATI TERINDAH ADALAH HATI YANG SELALU BERPRASANGKA BAIK TERHADAP ORANG LAIN.

KITA TIDAK BISA MENGUBAH HATI ORANG LAIN UNTUK BERBAIK SANGKA KEPADA KITA

NAMUN ……………………………

KITA BISA MELATIH DIRI UNTUK BERBAIK SANGKA KEPADA ORANG LAIN.

Read more »

KALAU SUDAH TIDAK ADA TERASA SANGAT KEHILANGAN

kehilanganJIKA SESUATU ITU SELALU ADA PADA KITA TERASA NILAINYA TIDAK SEBERAPA ATAU DAPAT DIKATAKAN KURANG BERHARGA, AKAN TETAPI JIKA SESUATU TERSEBUT HILANG DARI KITA MAKA AKAN SANGAT TERASA BAHWA KITA SANGAT MEMBUTUHKANNYA.

TUGAS MANUSIA MEMANG BERUSAHA NAMUN TIDAK SEMUA KEINGINAN ATAU CITA-CITA MANUSIA ITU SELALU TERLAKSANA ATAU DENGAN PERKATAAN LAIN DIKABULKAN OLEH TUHAN.

OLEH KARENA ITU JANGANLAH MEMBANDINGKAN DENGAN APA YANG TELAH DIPEROLEH ORANG LAIN, TETAPI SEKECIL APAPUN YANG KITA DAPAT WAJIB DISYUKURI.

BANYAK ORANG YANG TIDAK MENGHARGAI ARTI SEBUAH  PENGURBANAN DAN BARU MENYESAL SETELAH KEHILANGAN ORANG YANG DICINTAINYA.

Read more »

SALAH PENGERTIAN

patung-kakek-nenek-uk-sedang-unguADA HAL YANG PALING SERING DIKELUHKAN OLEH SEORANG PEREMPUAN TERHADAP PASANGANNYA, APAKAH ITU MASIH DALAM TARAF PACARAN ATAUPUN SUDAH BERUMAH

TANGGA ADALAH BAHWA PASANGANNYA TIDAK PERNAH BISA MENGERTI TENTANG KEINGINANNYA.

MUNGKIN SAJA BAHWA PIHAK LELAKI ITUPUN SUDAH BERUSAHA UNTUK BISA MENGERTI DAN MEMBAHAGIAKAN PEREMPUANNYA DENGAN SEGALA PERMASALAHAN YANG ADA MENURUT KEMAMPUAN DAN CARANYA SENDIRI.

TETAPI ADA HAL LAIN YANG JARANG DI INGAT OLEH PEREMPUAN, KARENA SEBENARNYA BAHWA LELAKIPUN SAMA BAHWA DIAPUN INGIN DIPERHATIKAN DAN DIMENGERTI OLEH PASANGANNYA.

NAMUN KARENA KETERBATASAN DAN KETIDAKMAMPUAN MANUSIA DALAM BANYAK HAL SERTA MENGANGGAP BAHWA APA YANG TELAH DILAKUKAN ADALAH SUDAH BENAR, MAKA SEBAGAI AKIBATNYA TIDAK JARANG AKAN TIMBUL SALAH PENAFSIRAN DAN SALAH PENGERTIAN.

Read more »

KEINDAHAN HATI DARI SIKAP RELA BERKURBAN (Kisah Nyata Dari Kehidupan Keluarga Tijab Nurman Sondjaja) Bagian ke 2

RELA BERKURBAN ADALAH SIKAP YANG MENCERMINKAN ADANYA KESEDIAAN DAN KEIKHLASAN DALAM MEMBERIKAN SESUATU YANG DIMILIKI UNTUK MENDAHULUKAN KEPENTINGAN ORANG LAIN,   WALAUPUN HAL ITU AKAN MENIMBULKAN KERUGIAN BAHKAN PENDERITAAN BAGI DIRINYA SENDIRI.

Beberapa waktu lamanya menjalani hidup sendiri menjadi duda, ternyata ada rasa yang hilang dalam hati Tijab Nurman. Bukan karena hati lelaki yang menjadi sebab inti permasalahan, tetapi karena memelihara dan membesarkan anak. Pada waktu malam hari yang ada hanya bantal dan guling, yang tidak bisa diajak berbincang perlahan-lahan mengenai masa depan anak kelak, sebelum tidur.

Read more »

Kisah Dua Anak Yatim Piatu

 

Udara begitu dingin malam itu. Ada dua orang anak kecil yang sedang tidur saling berdekapan di teras samping rumah tingkat yang gelap, tanpa penerangan sedikitpun. Hanya pancaran cahaya lampu jalan milik rumah-rumah di sekitar kompleks itu yang menerangi gigilan hebat tubuh mereka. Sang adik kira-kira baru berusia 6 tahun sementara sang kakak berusia sekitar  9 tahun. Tubuh sang kakak amat kurus dan gigilan tubuhnya lebih hebat dibandingkan dengan adiknya yang sedang tertidur di dekapannya. Tak ada selimut, tak ada jaket, tak ada makanan. Mereka hanya mengenakan baju pendek dan celana pendek. Read more »